Lampung Tengah (stitbustanululum.ac.id) – Salam Pramuka!!! Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) Gerakan Pramuka Pangkalan STIT Bustanul ‘Ulum Lampung Tengah, Dr. Dedi Andrianto, M.Pd., mengucapkan Selamat Hari Baden-Powell ke-166 (22/02/2023). Ucapan ini ditujukan terkhusus kepada seluruh sivitas akademika STITBU dan seluruh anggota pramuka sedunia pada umumnya.

Sebagai Anggota Pramuka, tidak asing lagi bahwa setiap tanggal 22 Februari merupakan hari untuk mengenang Bapak Pandu Dunia, Baden Powell. Hari peringatan ini diambil dari hari ulang tahun Lord Baden Powell (panggilan umum). Yach, Beliau dengan nama lengkap Robert Stephenson Smyth Baden Powell adalah pendiri Gerakan Kepanduan Dunia. Baden Powell ditetapkan sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World) karena pengalamannya yang mendasari pembinaan remaja di Inggris, bernama Boy Scout. Dari pembinaan inilah yang kemudian berkembang menjadi gerakan kepanduan atau yang di Indonesia dikenal sebagai Pramuka (Praja Muda Karana).

Tepat hari ini, seluruh dunia sedang merayakan Baden Powell Day, tidak terkecuali Negara kita tercinta, Indonesia. Moment ke-166 Baden-Powell Day ini, Mabigus mengajak kepada seluruh anggota pramuka STIT Bustanul ‘Ulum Lampung Tengah untuk selalu mengimplementasikan janji sebagai Pramuka yaitu Tri Satya bagi Pramuka Pandega. Di dalam Tri Satya tersurat secara jelas bahwa demi kehormatan masing- masing, seorang Pramuka berjanji akan bersungguh-sungguh Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesama hidup, ikut serta membangun masyarakat, serta menepati Darma Pramuka.

Menjalankan kewajiban itu juga harus diwujudkan dalam perilaku kehidupan mahasiswa sehari-hari, antara lain selalu bersikap disiplin dalam perkuliahan, sopan santun terhadap seluruh sivitas akademika, patuh terhadap pedoman akademik, bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, serta mengabdikan diri untuk rela menolong bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, mahasiswa sebagai anggota pramuka pandega juga harus menjauhi tindakan radikal, anti-pancasila, narkoba, korup, kriminalitas, ujaran kebencian, serta menjauhi tindakan menyebarluaskan berita hoax. Sebaliknya, harus mampu mengaplikasikan pendidikan multikultural, menanamkan moderasi beragama, serta mencerminakan sikap anti-korupsi. Dengan implementasi tri satya dan dasa darma pramuka, kita wujudkan Indonesia Damai, Indonesia Maju, dan Indonesia Jaya.

Itulah sebabnya, gerakan kepanduan atau kepramukaan sedunia, World Organization of the Scout Movement (WOSM), menggunakan slogan “Scouts, creating a better world”. Bila diterjemahkan maka kurang-lebih artinya “Para Pramuka, membantu menciptakan dunia yang lebih baik”. Maka, di Hari Baden-Powell ini marilah kita terus memantapkan tekad untuk selalu siap sedia, bergotong-royong membantu menciptakan dunia yang lebih baik. Semoga upaya yang kita lakukan in senantiasa mendapatkan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sekali lagi, STITBU ucapkan “Selamat Hari Baden-Powell”

Satu Pramuka untuk Satu Indonesia, Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia.

Salam Pramuka!!!

- STITBU Lampung Tengah

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bustanul `Ulum Lampung Tengah

Alamat

Jaya Sakti, Kec. Anak Tuha, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung

Social Media

Visitor

  • Pengunjung Online : 1
  • Pengunjung Hari Ini : 58
  • Pengunjung Minggu Ini : 58
  • Total Pengunjung : 8739

- Maps

Bagaimana pendapat Anda tentang tampilan dan konten website STIT BU?